Tips Membersihkan Gigi Yang Lebih Efektif

Semoga Bermanfaat!
Tip Menggosok gigi yang efektif dan cara menyikat gigi yang benar


  • Pilih sikat gigi yang tepat

Sebelum menyikat gigi anda, apakah anda yakin sudah memakai sikat gigi yang tepat? Banyak dari kita yang asal-asalan dalam memilih sikat gigi. Bahkan banyak dari kita yang memilih sikat gigi hanya karena harganya yang murah. Padahal, sikat gigi berharga murah bisa saja memiliki kualitas bulu yang sangat buruk atau memiliki bentuk yang tidak sesuai dengan rongga mulut. Sikat gigi ini tentu bisa merusak gusi dan email pada gigi. Disamping itu, mulut bagian dalam juga bisa berpotensi terluka karena hal ini. Pilihlah sikat gigi dengan bulu yang cenderung lembut dan halus sehingga gigi dan gusi pun aman saat anda gosok. Disamping itu, bentuk sikat gigi yang mengecil di bagian ujungnya juga dapat menjadi pilihan terbaik.


  • Sikat dengan teknik yang benar

Disamping pemilihan sikat gigi, pastikan pula anda memakai teknik menyikat gigi yang benar. Banyak orang yang menyikat gigi sekeras mungkin agar kotoran bisa menghilang. Padahal, menyikat gigi dengan keras justru bisa merusak permukaan gigi dan membuat gigi cenderung sensitif. Sikatlah gigi dengan sudut 45 derajat dari bagian gusi. Gunakan pula gerakan ke kiri dan ke kanan atau memutar dan pastikan bahwa semua bagian gigi tersikat sempurna. Banyak orang yang melupakan bagian dalam dan juga ujung gigi, padahal, bagian tersebut banyak menyimpan sisa makanan yang bisa menyebabkan plak dan karang gigi.


  • Pilih waktu sikat gigi yang tepat

Kita juga cenderung menyikat gigi benar-benar setelah waktu makan. Padahal, hal ini tidak baik bagi gigi mengingat setelah makan gigi kita berada dalam kondisi banyak sisa makanan yang bisa terbuang dengan alami selama beberapa saat. Menyikat gigi persis setelah makan justru membuat sisa makanan memasuki sela gigi dan akan susah untuk dibersihkan. Setidaknya tunggu sekitar setengah jam sebelum anda menyikat gigi anda setelah makan.

dokterpedia.net
Previous
Next Post »