Benarkah Makan Biji Buah Bisa Menyebabkan Usus Buntu?

Semoga Bermanfaat!


Apakah makan jambu biji atau biji buah lainnya bisa sebabkan usus buntu?
Pada dasarnya, makanan bukanlah penyebab langsung dari radang usus buntu. Akan tetapi, penyumbatan usus buntu yang kemudian meradang bisa saja terjadi akibat penumpukan makanan tertentu yang tidak hancur saat dicerna. Misalnya saja, biji cabai atau biji popcorn yang notabene berbentuk mini mungkin saja tidak ikut hancur bersama makanan lainnya sehingga dapat menyumbat usus dalam jangka waktu panjang, dan akhirnya menyebabkan radang usus buntu.

Potongan kecil makanan dapat memblokir permukaan rongga yang membentang di sepanjang usus buntu. Penyumbatan ini kemudian dapat menjadi rumah baru bagi bakteri untuk berkembang biak. Hal ini lama kelamaan dapat mengakibatkan pembengkakan dan pembentukan nanah di usus buntu.

Namun menurut sebuah riset yang yang dipublikasikan di Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine, sangat kecil risikonya bagi jambu biji (yang bentuk bijinya notabene sama kecil dengan biji cabe) ataupun biji buah lainnya untuk menyebabkan usus buntu. Studi yang dilakukan oleh Omer Engin dan timnya ini bahkan hanya menemukan satu kasus radang usus buntu yang disebabkan oleh biji buah, dari total hampir 2000 kasus yang diteliti. Itu artinya, risiko Anda untuk mengalami usus buntu akibat makan jambu biji atau biji buah lainnya (baik sengaja maupun tidak) hanyalah 0,05 persen.

Ini karena sistem pencernaan manusia sudah punya cara khusus untuk melumatkan makanan yang masuk. Yaitu dengan enzim pencernaan yang sifatnya asam. Setelah dikunyah di mulut, makanan akan lantas dihancurkan oleh enzim. Jadi, secara teknis Anda sebenarnya tidak bisa kena usus buntu hanya karena makan sesuatu.

Harus ada banyak sekali makanan yang tidak hancur yang menumpuk atau tertimbun di usus, barulah bisa terjadi peradangan usus buntu. Dengan kata lain, sekali makan saja tidak akan langsung bikin usus buntu. Namun, riset ini juga menyimpulkan bahwa menghindari terlalu sering mengonsumsi makanan yang sulit hancur saat dicerna dapat mencegah Anda dari peradangan usus buntu.
dokterpedia.net
Previous
Next Post »