Ciri-ciri Masih Perawan atau Tidak

Semoga Bermanfaat!


Dalam dunia kedokteran sebenarnya tidak dikenal istilah keperawanan, tapi pada masyarakat umum Keperawanan memiliki persepsi yang berbeda-beda pada setiap orang, sebagian orang menkamui keperawanan dengan masih utuh atau tidaknya selaput dara, ada juga yang menkamui dengan sudah atau belum pernah nya melakukan hubungan seksual.
Karena sering dikaitkan dengan selaput dara, jadi selaput dara itu apa sih ? 
Selaput dara atau hymen merupakan lapisan tipis yang menutupi hampir seluruh bagian mulut vagina, pada bagian selaput dara biasanya ada lubang kecil tempat dimana cairan menstruasi keluar. 

Ada berbagai macam bentuk selaput dara, yaitu :
Pertama ada selaput dara dengan lubang berbentuk seperti cincin, bentuk ini paling sering ditemukan,
Yang kedua ada selaput dara dengan lubang yang tepinya tidak beraturan,
Yang ketiga ada selaput dara yang tidak ada lubangnya atau disebut dengan hymen imperforata.
Bentuk selaput dara bisa berubah karena
Pertama aktivitas fisik, trauma, penggunaan tampon pada saat menstruasi, pemeriksaan vagina bagian dalam, penetrasi seksual, ataupun proses melahirkan secara vagina.
karena hymen memiliki berbagai macam bentuk dan bentuk nya dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. maka selaput dara atau hymen ini tidak dapat di jadikan patokan suatu keperawanan seseorang.

Hal ini juga menjelaskan Kenapa pada wanita tidak semuanya pada saat pertama kali melakukan hubungan seksual akan mengalami pendarahan.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para remaja mengenai keperawanan,
Pertama penting untuk mengerti organ intim dan juga fungsinya,
Yang kedua melakukan hubungan seks sebelum menikah dapat meningkatkan resiko tertular penyakit menular seksual dan juga mungkin terjadinya kehamilan.
Melakukan hubungan seksual sebelum menikah merupakan hak pribadi masing-masing Tapi alangkah baiknya apabila dipikirkan dulu mengenai resiko dan juga Konvensi secara norma yang berlaku.
Itu tadi beberapa informasi mengenai keperawanan jika kalian punya pertanyaan silakan komen di bawah.

semoga bermanfaat

dokterpedia.net
Previous
Next Post »