Penyebab Menstruasi Tidak Normal

Semoga Bermanfaat!


Wanita, memang setiap individunya memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda. Bukan hanya siklusnya, bahkan warna darah ataupun gejala-gejala selama menstruasi setiap orang berbeda-beda. sebenarnya hal ini tidak menjadi masalah, apa lagi untuk wanita remaja yang masih baru dalam siklus menstruasinya. Namun, tetap saja muncul kekhawatiran pada beberapa individu mengenai tidak lancarnya haid tersebut.
Menstruasi adalah luruhnya  lapisan dinding rahim (endometrium) yang menebal karena tidak terjadinya  pembuahan pada sel telur. Siklus menstruasi pada tiap wanita berbeda-beda, bisa terjadi antara 21-35 hari, namun rata-rata siklus menstruasi adalah 28 hari. Menstruasi dikatakan tidak lancar atau tidak teratur apabila siklus terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari.
Normal untuk sesekali memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur. karena ada beberapa hal yang dapat menyebabkan keterlambatan ovulasi atau menstruasi, sehingga siklus kamu jadi lebih lama, atau terkadang lebih cepat, dari biasanya. Jadi, jika kamu hanya memiliki 1-2 siklus menstruasi yang tidak teratur dalam setahun, jangan terlalu dikhawatirkan karena hal ini masih tergolong normal. tapi jika sudah lebih dari 3 siklus maka sudah dikatakan tidak normal.
Lantas , apa sih yang Menyebabkan Menstruasi Tidak Lancar?
Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab menstruasi yang tidak lancar atau tidak teratur, antara lain:
  • Pola hidup sehari-hari : stres, obesitas, olahrga berlebihan hingga kurus
  • Menopause : karena hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh menjadi tidak teratur.
  • Kehamilan 
  • Alat kontrasepsi : Menggunakan alat kontrasepsi, seperti IUD (spiral) atau pil KB, memang bisa menyebabkan perubahan berupa flek di antara siklus menstruasi. IUD bisa menyebabkan darah yang keluar lebih banyak dari biasanya atau nyeri perut pada saat menstruasi. Dapat juga terjadi keluarnya sedikit darah pada awal penggunaan pil KB, namun ini akan berhenti setelah beberapa bulan penggunaan.
  • Sindrom ovarium polikistik (PCOS) kista ovarium : Keberadaan kista ini dapat membuat hormon menjadi tidak seimbang sehingga mengganggu proses pelepasan sel telur. Ini menyebabkan wanita dengan PCOS tidak mengalami menstruasi, atau mengalami menstruasi tetapi darah yang keluar hanya sedikit.

Jadi bagaimana cara mengatasinya ? 
Pengobatan untuk menangani menstruasi tidak lancar perlu disesuaikan dengan penyebabnya.  yaitu : dengan mengubah gaya hidup misalkan dengan menurunkan BB, Melakukan konseling jika kamu mengalami stres yang menyebabkan berat badan turun drastis, mengganti alat kontrasepsi, melakukan pengobatan tiroid, pengobatan kista ovarium.
Apabila kamu mengalami perdarahan yang tidak biasa pada saat menstruasi, seperti harus mengganti pembalut tiap jam, menstruasi kamu terjadi selama lebih dari 15 hari, atau bila kamu mengalami flek setelah melakukan hubungan intim, segera hubungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.


_______________________________________________
menstruasi tidak teratur apakah bahaya   
menstruasi tak kunjung berhenti   
menstruasi sakit perut bagian bawah   
menstruasi berwarna coklat kehitaman   
menstruasi normal berapa hari   
menstruasi cuma 2 hari apakah hamil   
menstruasi tidak lancar dan sedikit   
menstruasi telat 1 minggu apakah hamil
menstruasi apakah boleh berhubungan   
menstruasi apakah bisa hamil   
menstruasi atau haid pada anak perempuan terjadi setiap titik-titik sekali   
menstruasi apakah boleh olahraga   
menstruasi berlebihan   
menstruasi berwarna coklat   
menstruasi berapa hari   
menstruasi biar lancar  
menstruasi cepat datang   
menstruasi cuma 2 hari apakah normal   
menstruasi darah bergumpal   
menstruasi darah berwarna coklat   
menstruasi di bulan ramadhan   
menstruasi darah hitam dan sedikit   
menstruasi datang terlambat   
menstruasi datang lebih awal   
menstruasi dua bulan sekali kenapa   
eksperimen menstruasi   
efek menstruasi terlalu lama   
efek menstruasi tidak lancar   
edukasi menstruasi   
efek telat menstruasi 1 bulan   
efek menstruasi tidak teratur   
menstruasi flek coklat   
menstruasi flek hitam   
menstruasi flek berhari hari   
fase menstruasi   
fisiologi menstruasi   
fakta mitos menstruasi   
menstruasi gak berhenti kenapa   
menstruasi ga teratur

dokterpedia.net
Previous
Next Post »