Penyebab Menstruasi Tidak Normal

Semoga Bermanfaat!


Wanita, memang setiap individunya memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda. Bukan hanya siklusnya, bahkan warna darah ataupun gejala-gejala selama menstruasi setiap orang berbeda-beda. sebenarnya hal ini tidak menjadi masalah, apa lagi untuk wanita remaja yang masih baru dalam siklus menstruasinya. Namun, tetap saja muncul kekhawatiran pada beberapa individu mengenai tidak lancarnya haid tersebut.
Menstruasi adalah luruhnya  lapisan dinding rahim (endometrium) yang menebal karena tidak terjadinya  pembuahan pada sel telur. Siklus menstruasi pada tiap wanita berbeda-beda, bisa terjadi antara 21-35 hari, namun rata-rata siklus menstruasi adalah 28 hari. Menstruasi dikatakan tidak lancar atau tidak teratur apabila siklus terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari.
Normal untuk sesekali memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur. karena ada beberapa hal yang dapat menyebabkan keterlambatan ovulasi atau menstruasi, sehingga siklus kamu jadi lebih lama, atau terkadang lebih cepat, dari biasanya. Jadi, jika kamu hanya memiliki 1-2 siklus menstruasi yang tidak teratur dalam setahun, jangan terlalu dikhawatirkan karena hal ini masih tergolong normal. tapi jika sudah lebih dari 3 siklus maka sudah dikatakan tidak normal.
Lantas , apa sih yang Menyebabkan Menstruasi Tidak Lancar?
Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab menstruasi yang tidak lancar atau tidak teratur, antara lain:
  • Pola hidup sehari-hari : stres, obesitas, olahrga berlebihan hingga kurus
  • Menopause : karena hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh menjadi tidak teratur.
  • Kehamilan 
  • Alat kontrasepsi : Menggunakan alat kontrasepsi, seperti IUD (spiral) atau pil KB, memang bisa menyebabkan perubahan berupa flek di antara siklus menstruasi. IUD bisa menyebabkan darah yang keluar lebih banyak dari biasanya atau nyeri perut pada saat menstruasi. Dapat juga terjadi keluarnya sedikit darah pada awal penggunaan pil KB, namun ini akan berhenti setelah beberapa bulan penggunaan.
  • Sindrom ovarium polikistik (PCOS) kista ovarium : Keberadaan kista ini dapat membuat hormon menjadi tidak seimbang sehingga mengganggu proses pelepasan sel telur. Ini menyebabkan wanita dengan PCOS tidak mengalami menstruasi, atau mengalami menstruasi tetapi darah yang keluar hanya sedikit.

Jadi bagaimana cara mengatasinya ? 
Pengobatan untuk menangani menstruasi tidak lancar perlu disesuaikan dengan penyebabnya.  yaitu : dengan mengubah gaya hidup misalkan dengan menurunkan BB, Melakukan konseling jika kamu mengalami stres yang menyebabkan berat badan turun drastis, mengganti alat kontrasepsi, melakukan pengobatan tiroid, pengobatan kista ovarium.
Apabila kamu mengalami perdarahan yang tidak biasa pada saat menstruasi, seperti harus mengganti pembalut tiap jam, menstruasi kamu terjadi selama lebih dari 15 hari, atau bila kamu mengalami flek setelah melakukan hubungan intim, segera hubungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

dokterpedia.net
Previous
Next Post »