Tahukah kamu, salah satu faktor yang tidak baik dari perceraian terjadi pada mental anak-anak!

Semoga Bermanfaat!

Anak-anak korban orangtua bercerai yang tinggal dengan orangtua tiri dimungkinkan akan menghadapi masalah kesehatan mental yang lebih besar.

Sebuah studi membuktikan bahwa remaja dengan kondisi seperti itu lebih bermasalah daripada mereka yang membagi waktunya dengan kedua orangtua kandung.

Mereka melaporkan lebih banyak gejala masalah kesehatan mental, seperti depresi dan ketidakjujuran, atau mendapat bullying di sekolah.

Para ahli menyarankan lebih baik anak-anak tinggal di rumah yang dedang mengalami masalah keluarga, karena kondisi ini memberikan stabilitas keuangan yang lebih baik dan adanya sosok berwibawa.

Menurut periset dari Norwegia, anak-anak juga menghadapi tekanan dari struktur keluarga baru, seperti dilansir dari dailymail.co.uk, Kamis, 18 Januari 2018.

Mereka membandingkan lebih dari 7.700 remaja yang tinggal dengan orangtua tunggal, orangtua tiri, di antara orangtua mereka dalam satu rumah atau dengan kedua orangtua dalam keluarga tradisional.

Hasilnya menunjukkan anak-anak yang tinggal dengan ayah tiri memiliki kesehatan mental terburuk, walaupun perbedaan antara ini dan hidup dengan orangtua tunggal tidak signifikan.

Anak-anak dalam keluarga dengan orangtua tiri memiliki masalah penyesuaian yang jauh lebih banyak, daripada dengan keluarga inti dan mereka yang menghabiskan waktu bersama kedua orangtua.

Penulis yang dipimpin oleh Sondre Nilsen, dari Pusat Regional untuk Kesehatan Mental Anak dan Remaja dan Kesehatan Anak (RKBU) di Bergen, Norwegia, mendiskusikan penelitian sebelumnya bahwa anak-anak di keluarga tiri lebih buruk ketika di sekolah, memiliki masalah emosional yang lebih besar dan memiliki risiko lebih besar hingga menimbulkan depresi.

Peneliti mengatakan, interpretasi dari temuan ini adalah bahwa kemungkinan manfaat mengenalkan orangtua tiri kepada keluarga kandung dapat menanggulangi stres yang berkaitan dengan pembentukan struktur keluarga baru.
dokterpedia.net
Previous
Next Post »